.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA)


Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA). Tanggal 1 Oktober 2015 dicanangkan sebagai dimulainya BELKAGA  yaitu Bulan ELiminasi KAki GAjah. Sebuah gerakan yang dilakukan secara serentak oleh seluruh Gubernur di daerah Endemis Penyakit Kaki Gajah.Target Indonesia Bebas Penyakit Kaki Gajah tahun 2020.

BELKAGA rencananya akan dicanangkan pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Presiden RI di Cibinong dan serentak diikuti oleh para Gubernur di Provinsi endemik lainnya.
Silahkan download Panplet Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA)

Bagaimana kondisinya saat ini ??
Terdapat  235 kab/kota yang Endemis dan baru 142 kab/kota yang melakukan POPM (Pemberian Obat Pencegah Masal).
Jumlah Kasus Klinis Filariasis per tahun Meningkat:
th 2010 = 11.969 penderita.
th 2011 = 12.066 penderita
th 2012 = 11.903 penderita
th 2013 = 12.714 penderita
th 2014 = 14.932 penderita

 Apa itu Penyakit KAKI GAJAH ?
Penyakit Kaki gajah/Filariasis adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing filarial yang merusak sistim limfatik sehingga menimbulkan pembengkakan pada tangan, kaki, payudara dan skrotum. Penyakit ini selain menimbuklan cacat seumur hidup juga stigma sosial bagi penderita dan keluarganya.

Penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis nyamuk yang mengandung larva atau bahasa latinnya microfilariasis masih mengancam masyarakat modern yang menguasai teknologi untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit tersebut.
Filariasis merupakan penyakit yang mengenai saluran kelenjar limfa (getah bening).
Penyakit tersebut dapat menyerang semua golongan umur dan dapat menimbulkan kecacatan menetap, stigma sosial, hambatan psikologis, sumber daya manusia (SDM) menurun dan kerugian ekonomi.
Baca juga Hati-Hati Terjangkit Filariasis

Gejala klinis filariasis pada tahap awal (akut), yakni demam berulang lebih dari satu sampai dua kali setiap bulan bila bekerja berat, tetapi dapat sembuh tanpa diobati dan timbul benjolan dan terasa nyeri pada lipatan paha atau ketiak tanpa ada luka, terjadi pembengkakan pada kaki, tangan, skrotum, dan sebagainya.
.
Berikut ini Panflet kegiatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah(BELKAGA)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA)"

Post a Comment