.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Peranan Makanan Dalam Penularan Penyakit


Peranan Makanan Dalam Penularan Penyakit. Makanan merupakan  kebutuhan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia, makanan yang kita makan bukan saja harus memenuhi gizi dan mempunyai bentuk menarik, akan tetapi juga harus aman dalam arti tidak mengandung mikroorganisme dan bahan-bahan kimia yang dapat menularkan penyakit.

Pada dasarnya makanan merupakan campuran berbagai senyawa kimia serta dapat dikelompokkan ke dalam karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Makanan sehat dan aman merupakan syarat  penting untuk meningkatkan derajat kesehatan manusia. Oleh karena itu untuk mendapatkan minumana berkualitas baik harus terjaga baik secara fisik, kimiawi maupun bakteriologis. 

Adapun peranan makanan dalam penularan penyakit, yaitu  sebagai  agent (penyebab), sebagai vehicle (pembawa) dan sebagai media.
1. Sebagai Agent
Dalam hubungannya dengan penularan penyakit dan keracunan, makanan dapat berperan sebagai agent penyakit. Contoh : jamur, tumbuhan lain yang secara alamiah memang mengandung zat racun. Sebagai contoh makanan yang mengandung racun adalah tempe bongkrek, singkong, jengkol,  dan gadung. 
Adapun penyebab  penyakit dalam makanan dapat digolongkan sebagai berikut
a.    Golongan Parasit
Golongan parasit yang mencemari makanan ialah amoeba dan berbagai jenis cacing.
b.    Golongan Mikroorganisme
Berbagai jenis bakteri yang dapat menimbullkan penyakit melalui makanan ialah Shigella yang menimbulkan penyakit dysentri basiler, Salmonellosis yang menimbulkan penyakit tipus perut, Staphylococcus yang menimbulkan penyakit Scarlet fever, serta berbagai macam virus yang menimbulkan penyakit seperti hepatitis dan sebagainya.
c.    Golongan kimia
Pencemaran makanan karena zat kimia, biasanya terjadi karena kelalaian, misalnya meletakkan insektisida berdekatan dengan bumbu dapur, pembungkus makanan serta zat kimia dalam logam itu.
d.    Golongan fisik
Pencemaran makanan yang disebabkan golongan fisik, misalnya bahan radioaktif.
e.    Golongan racun (toksin)
Adanya racun dalam makanan dapat dibedakan 2 macam yaitu :
1)      Ada yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang hidup atau berada dalam makanan tersebut. Yang mendatangkan penyakit bukanlah mikroorganisme tersebut melainkan toksin yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.
2)      Bahan makanan itu sendiri telah mengandung racun, yang karena tidak tahu, lalai atau dalam keadaan darurat terpaksa dimakan.

2.  Sebagai Vehicle
Makanan juga dapat berperan sebagai pembawa (Vehicle)  penyakit seperti bahan kimia atau parasit yang ikut termakan bersama makanan dan juga beberapa Mikroorganisme yang pathogen.

3.  Sebagai Media
Kontaminasi yang jumlahnya kecil jika dibiarkan berada dalam makanan dengan suhu dan waktu yang cukup, maka bisa menyebabkan wabah yang serius.
Demikian ulasan tentang Peranan Makanan Dalam Penularan Penyakit. Semoga Bermanfaat


Referensi


Pusdiknakes. 1984. Sanitasi Makanan dan Minuman Pada  Institusi Pendidikan Tenaga Sanitasi. Depkes RI.


Effendi, Supli. 2009. Tekhnologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan, Bandung : Alfabeta.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peranan Makanan Dalam Penularan Penyakit"

  1. MAIN DI POKER BETDANWIN SAJA YUK...
    POKER BETDANWIN SEDANG PROMO NIH UNTUK PARA MEMBER SETIANYA
    * PROMO BONUS 20 % DARI NILAI DEPOSIT ANDA
    * PROMO REFERRAL SAMPAI 50 % SEUMUR HIDUP DIBAGI SETIAP SENIN
    * MINIMAL DEPOSIT Rp. 10.000
    * MINIMAL WITHDRAW Rp. 20.000
    JADI TUNGGU APALAGI SEGERA DAFTARKAN ID ANDA HANYA DI POKER BETDANWIN DAN MENANGKAN
    CHIPS SEBANYAK BANYAKNYA.BET NOW AND WIN NOW.
    JANGAN LUPA KUNJUNGI JUGA WEBSITE KAMI DI WWW.BETDANWIN.COM ATAU HUBUNGI LIVECHAT KAMI
    YANG RAMAH DAN SIAP MEMBANTU ANDA 24 JAM SETIAP HARI.

    ReplyDelete