.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Hubungan Manusia Dengan Lingkungan

Hubungan Manusia Dengan Lingkungan. Perhatian dan peranan manusia terhadap lingkungan semakin meningkat pada zaman teknologi maju. Pada masa ini manusa mengubah lingkungan hidup alami menjadi lingkungan hidup binaan. Manusia meningkatkan eksplotasi sumber daya alam hal ini dilakukan untuk memenuhi bahan dasar industri. Di sisi yang lain hasil industri berupa asap dan limbah menimbulkan penurunan kualitas lingkungan hidup.


Berdasarkan sifatnya, kebutuhan hidup manusia dapat dibagi menjadi 2 kebutuhan , yaitu kebutuhan hidup materil antara lain berupa kebutuhan air, udara, sandang, pangan, papan, transportasi sera perlengkapan fisik lainnya. Dan kebutuhan nonmateril  berupa rasa aman, kasih sayang, pengakuan atas eksistensinya, pendidikan dan sistem nilai dalam masyarakat


Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan kekuatannya yang tunduk terhadap aturan hukum alam, mengalami proses kelahiran, mengalami masa pertumbuhan  dan perkembangan serta mengalami kematian. Manusia selalu terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya tempat hidupnya dalam sebuah suatu hubungan timbal balik baik secara positif maupun negatif. Secara biologis manusia dapat diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Pengertian Lingkungan
Lingkungan adalah suatu tempat atau media di mana makhluk hidup tinggal, dan menjalakan kehidupannya dan didalamnya  terjadi hubungan timbal balik dengan makhluk hidup disekitarnya.

Didalam lingkungan terdapat sistem lingkungan yang mempunyai beberapa komponen yang satu sama lain saling berinteraksi
Adapun sistem lingkungan tersebut terdiri dari 4 komponen yaitu

1.Sumber daya alam (life support) berupa energy, mineral, tanah, air, tumbuhan, hewan. Sumber alam dapat di golongkan menjadi dua bagian, yaitu sumber alam yang dapat di perbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui.Sumber alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) atau di sebut juga sumber-sumber alam biotik. Makhluk hidup, hutan, hewan-hewan dan tumbuhan termasuk sumber biotik. Sumber alam biotik mempunyai kemampuan untuk bertambah, maka dari itu sumber daya alam ini di katakan sebagai sebagai sumber daya alam yang masih dapat di perbaharui.Sumber alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resorches) atau di sebut juga sumber-sumber alam abiotik. Tanah, air, bahan-bahan galian, mineral dan bahan-bahan tambang lainnya tersebut termasuk sumber alam abiotik.

Manusia dapat  menggunakan berbagai macam cara dalam memanfaatkan sunber daya alam berupa perkebunan, pertanian, air, tambang serta hutan.

Dalam kegiatan intensifikasi pertanian, untuk memperoleh hasil pertanian yang tinggi dapat  ditempuh  melalui beberapa cara antara lain,
a.    Mengusahakan panen lebih dari satu kali pertahun
b.    Menggunaan pupuk
c.    Irigasi
d.    Penggunaan pestisida dan bibit unggul,
e.    Mekanisasi alat-alat pertanian.

Dengan cara tersebut diatas  maka manusia dapat memperbaiki cara-cara bertani dan hasil panen yang selalu meningkat.

2. Aktivitas manusia (human activities) berupa tempat tinggal, pekerjaan, transportasi, benda dan jasa lainnya

3. Bahan buangan/sampah (residu and wastes) berupa sampah padat, tinja, sampah cair,sampah gas, sampah radioakftif

4. Faktor-faktor lingkungan yang berbahaya (environment hazards) berupa
  • Alami              :   gempa bumi, angin rebut, banjir
  • Biologis       :     binatang, serangga, mikroba, tumbuhan
  • Kimia              :   racun, toxin, allergen, iritan
  • Fisik                :   vibrasi, radiasi, kelembaban
  • Psikologi        :   stress, cemas, tidak senang
  • Fisiologi         :   kepadatan, isolasi


Manusia bertindak  secara sosial dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungannya untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupny. Hal ini dilakukan  demi kelangsungan hidup sejenisnya. Pada saat manusia belum mengenal cara bercocok tanam yang baik, manusia hidup dengan cara mengembara dalam  suatu kelompok-kelompok kecil dan mereka  tinggal di goa sebagai rumahnya, manusia pada jaman ini hidup dari hasil perburuan mereka, mencari buah-buahan serta umbi-umbian yang terdapat di dalam hutan. Bila binatang hasil buruan mereka mulai berkurang mereka akan berpindah ketempat yang masih banyak terdapat binatang buruan yang dapat di jadikan bahan makanan mereka. 

Dengan semakin pesatnya perkembangan populasi mereka, maka cara hidup seperti ini tidaklah cocok lagi untuk di gunakan dalam melangsungkan kehidupannya.  Selanjutnya mereka mulai beralih dengan pola hidup bercocok tanam yang masih sangat sederhana, dengan cara membuka hutan untuk di buat ladang dan di tanami dengan umbi-umbian atau tanaman lain yang  mereka kenal sebagai bahan makanan. Pada masa ini pun mereka sudah mulai membuat rumah-rumah sederhana yang terbuat dari kayu  dan daun-daun yang digunakan sebagai atapnya

Selanjunya apabila kesuburan ladang tanah mereka telah berkurang, mereka  akan berpindah ke tempat baru yang lebih subur dan mereka kembali membuat tempat tinggal dan ladang di tempat baru itu. Dalam mencari tempat tinggal mereka selalu memperhatikan  adanya sumber air, yaitu di tepi sungai ataupun danau. Selain bercocok tanam mereka juga sudah mulai memelihara binatang-binatang. Secara tidak langsung dengan pola hidup seperti ini mereka sudah mulai menemukan pola hidup yang lebih baik, sehingga mereka sudah mulai dapat hidup menetap dari hasil pengalamannya.

Dari hal ini manusia sedikit demi sedikit sudah mulai membiasakan diri pada alam lingkungan hidupnya. Perubahan alam lingkungan hidup manusia memiliki dua dampak yaitu dampak negatif dan dampak positif bagi manusia dan lingkungan.

Demikian ulasan tentang Hubungan Manusia Dengan Lingkungan. Semoga Bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Hubungan Manusia Dengan Lingkungan"

  1. Terima kasih atas artikelnya
    kunjungi halaman kami
    kami menjual
    Tangki panel

    untuk keperluan industri dan apartemen lho

    terimakasaih

    ReplyDelete
  2. untuk kalian yang menunggu liburan dan bingung untuk cari tempat yang NYAMAN,MURAH dan STRATEGIS :) langsung aja yu kunjungi di HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    ReplyDelete