.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Angka Kuman Udara



Angka Kuman di udara.Udara adalah selimut tebal dari gas yang menutupi seluruh bumi dan berfungsi untuk melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan yang berlebihan. Tanpa adanya udara, suhu bumi pada siang hari lebih dari 95˚ C dan pada malam hari menjadi minus 184˚C.

Udara bisa saja tercemar oleh aktivitas manusia seperti dari kegiatan industri yang menghasilkan buangan berupa asap sari pengolahan industry, kendaraan bermotor, pembakaran hutan dan sebagainya. Sedangkan penyebab pencemaran udara secara alamiah salah satunya adalah dekomposisi dari beberapa jenis bakteri pengurai bakteri pengurai

Pencemaran udara oleh mikroorganisme dalam rumah  antara lain melalui perantara perlengkapan dalam bangunan (karpet, AC, dan sebagainya) yang dapat mempengaruhi keberadaan mikroorganisme di dalam ruangan misalnya bakteri. Selain itu kondisi bangunan, suhu, kelembaban, dan pertukaran udara juga dapat menjadi sumber pencemaran udara oleh mikroorganisme.

Baca juga : Syarat Rumah Sehat dan Kondisi Fisik Rumah

Kuman  apa saja yang dapat mencemari udara ?

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan No.1405/MenKes/SK/XI/2002 Angka kuman harus  kurang dari 700 koloni / m3 dan juga  bebas kuman patogen. Jenis kuman udara yang banyak ditemukan yaitu spora bakteri yang pada umumnya dari jenis gram positif. Baik spora maupun nonspora. Selain itu dari juga kokus gram positif dan basil gram negatif. seperti bakteri tuberkulum, streptokokus, pneumokokus, dan staphylokokus.

Bagaimana cara penularan kuman di udara ?

Cara penularan kuman di udara dapat terjadi melalui berat droplet atau percikan ludah dan debu udara, berat droplet dan debu udara dapat mempengaruhi jumlah kuman udara, terutama bakteri. Droplet dengan ukuran kecil akan tersuspensi di udara untuk periode waktu yang lama, sedangkan droplet yang lebih besar akan dengan cepat menjadi debu. Selama  di dalam ruangan tersebut ada aktivitas, debu akan terus melayang-layang sebagai akibat dari gerak udara sehingga  dapat menyebabkan terjadinya gangguan saluran pernafasan seperti TB paru dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut. kelembaban juga turut mempengaruhi penularan jumlah bakteri udara, kelembaban biasanya lebih banyak  membawa bakteri udara pada musim panas/kering daripada musim dingin atau hujan .

Apa Dampak pencemaran kuman melalui udara terhadap kesehatan ?

Dampak dari pencemaran kuman melalui udara terutama adalah penyakit gangguan  saluran pernafasan seperti :

Melalui debu udara yang mengandung bibit penyakit misalkan penularan penyakit Tubercolosa paru-paru yang disebabkan oleh Mycrobacterium tubercolosis
Melalui tetes atau percikan  ludah (Droplet Infections) dan udara pernafasan misalkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Misalkan Bakteri Pneumococcus, Streptococus dan Staphylococcus aureus.

Selain itu Bibit penyakit dapat menular dengan perantaraan percikan ludah(droplet) pada waktu penderita batuk dan bercakap-cakap. Misalnya penularan:


  1. Penyakit diphteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium
  2. Penyakit pertussis disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis.  

Demikian ulasan tentang angka kuman di udara. Semoga Bermanfaat. Terimakasih





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Angka Kuman Udara"

Post a Comment