.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Download Karya Tulis Ilmiah



Download Karya Tulis Ilmiah.Penelitian adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara terarah dan terencana(sistematik), terkendali, empirik, dan kritis dengan maksud mengungkap gejala alami baik secara teori, maupun secara hipotesis mengenai hubungan antar gejala alami yang terjadi. Kegiatan penelitian merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kalangan akademisi perguruan tinggi, karena dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah disebut pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk Jenjang pendidikan Diploma III mahasiswa diwajibkan melakukan penelitian disusun dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI), sedangkan untuk jenjang Strata satu (S1) disusun dalam bentuk skripsi.

Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan tugas akhir mahasiswa yang berupa hasil penelitiansecara mandiri di bawah bimbingan dosen untuk memenuhi sebagian persyaratanmemperoleh derajat Ahli Madya Kesehatan Lingkungan (A.Md Kesling). Secarakronologis sebelum melakukan penelitian, mahasiswa diwajibkan membuatusulan/proposal penelitian yang kemudian diseminarkan. Setelah proposal penelitiandisetujui, mahasiswa melaksanakan penelitian di bawah pengawasan dosen pembimbing.Hasil penelitian selanjutkan dibuat laporan sebagai bahan untuk ujian karya tulis ilmiahyang dalam bentuk ujian sidang komprehensif.Kriteria penyusunan proposal penelitian dan karya tulis ilmiah antara lain :

  1. Menggunakan metode ilmiah
  2. Terdapat nuansa kesehatan lingkungan
  3. Setting lapangan atau laboratorium, bukan hanya studi kepustakaan
  4. Terdapat keseimbangan antara kedalaman materi dengan keluasan lokasi


Dibawah ini terdapat beberapa penelitian yang sempat penulis lakukan bimbingan terhadap mahasiswa semasa penulis mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang. Mengingat penulis belum sepenuhnya melakukan inventarisai KTI tersebut, dalam kesempatan ini  disajikan hanya beberapa judul penelitian saja.

Silahkan klik link berikut ini  DownloadKarya Tulis Ilmiah

Adapun pedoman penyusunan Karya Tulis Ilmiah dapat disimak berikut ini
Laporan hasil penelitian yang biasa disebut Karya Tulis Ilmiah terdiri tiga bagian, yaitu:bagian awal, bagian isi dan bagian akhir 

Bagian Awal


Judul

Logo Instansi Pendidikan

Nama mahasiswa ditulis lengkap, tidak boleh disingkat, di bawahnya dicantumkannomor induk mahasiswa.

Nama Instatasi Pendidikan

Waktu pengajuan karya tulis ilmiah penelitian dengan menulis tahun di bawahinstansi.

Halaman Sampul

Abstrak 
Pada sudut kanan atas abstrak ditulis institusi pendidikan yang dipenggal frase perbaris, diikuti karya tulis ilmiah, bulan dan tahun lulus ujian karya tulis ilmiah. Abstrak diketik di tengah. Kemudian mulai dari tepi kiri nama penulis, baris di bawahnya judulkarya tulis ilmiah, banyaknya halaman bagian awal dan bagian isi, diikuti tabelgambar dan lampiran. Isi abstrak kurang lebih 300 kata, maksimum satu halaman,diketik satu spasi terbagi dalam empat alinea, yaitu alinea pertama berisi latarbelakang dan tujuan, alinea ke dua berisi metode penelitian, alinea ke tiga berisi hasilpenelitan dan alinea ke empat berisi kesimpulan dan saran. Bagian bawah di tulisbacaan yang diacu banyaknya buku dalam daftar pustaka, tahun tertua dan termudapustaka yang diacu. Kata kunci merupakan subyek/kata pokok materi penelitian.Klasifikasi tidak perlu diisi.

Abstract
Abstrak diterjemahkan dalam Bahasa Inggris.

Halaman Judul
Isi halaman judul sama dengan cover, namun logo instansi, diganti dengan maksud karya tulis ilmiah, yaitu : Karya tulisi lmiah ini sebagai salah syarat untuk mencapai derajat Ahli Madya KesehatanLingkungan

Halaman Persetujuan
Halaman persetujuan berisi nama mahasiswa, nim, judul karya tulis ilmiah, kalimatdan tanggal pertujuan, serta tanda tangan pembimbing sebagai bukti menyetujui karyatulis ilmiah untuk diujikan. Halaman persetujuan dicantumkan sebelum karya tulisilmiah diujikan

Halaman Pengesahan
Baris paling atas ditulis Karya Tulis Ilmiah, diikuti secara berurutan ke bawah : judulkarya tulis ilmiah, nama mahasiswa, pernyataan telah diujikan, tanggal ujian,pernyataan lulus, tanda tangan pembimbing karya tulis ilmiah, tanda tangan penguji dan pengesahan oleh Ketua Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan

Halaman BiodataBiodata minimal berisi; nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, riwayatpendidikan

Halaman Persembahan
Halaman persembahan sifatnya tidak harus ada, bila dimunculkan biasanya berisitulisan kata mutiara, semboyan, slogan, pedoman dan persembahan/peruntukanspiritual/moral karya tulis ilmiah.

Halaman Pernyataan
Halaman pernyataan berisi: nama mahasiswa, nim, judul karya tulis ilmiah, pernyataankeaslian, tanggal dan tanda tangan mahasiswa

Halaman Kata Pengantar
Kata pengantar berisi ucapan syukur kepada Tuhan atas terselesainya karya tulisilmiah yang ditulis

Halaman Daftar Isi
Daftar isi berisi mengenai gambaran sistematika secara keseluruhan karya tulis ilmiah,sehingga memudahkan pembaca untuk mencari secara langsung suatu bab, sub babtertentu. Di dalam daftar isi dicantumkan urutan judul bab, sub bab dan anak sub babserta nomor halaman..

Halaman Daftar Tabel
Daftar tabel dicantumkan, bila dalam karya tulis ilmiah terdapat lebih dari satu tabel.Daftar tabel memuat nomor tabel, judul tabel dan nomor halaman letak tabel.

Halaman Daftar Gambar
Daftar gambar dicantumkan, bila dalam karya tulis ilmiah terdapat lebih dari satugambar. Daftar gambar berisi nomor gambar, judul gambar dan nomor halaman letak gambar berada.

Halaman Daftar Lampiran

Bagian Isi.

Bab I Pendahuluan

Latar Belakang
Latar belakang berisi: kebijakan umum/teori umum, penjelasan spesifik/teorispesifik, dampak kalau permasalahan dibiarkan, data penelitian sejenis, datadaerah lain, data lapangan/ rasa keingintahuan peneliti sebagai masalah, danpenegasan judul.

Perumusan Masalah
Perumusan masalah menunjukkan inti pokok permasalahan dan variabel yangditeliti. Perumusan masalah juga merupakan pertanyaan penelitian yang perludijawab dalam penelitian. Perumusan masalah hendaknya spesifik, singkat, jelas,disusun dalam kalimat pertanyaan. Perumusan masalahdapat dirinci dalam sub bab masalah dan sub masalah. Sub bab masalah ditulis dalam satu kalimatpertanyaan yang bersifat umum, sedangkan sub masalah ditulis secara rinci.Banyaknya sub masalah berkisar dua sampai dengan lima tujuan
Tujuan penelitian merupakan kegiatan yang akan dicapai pada penelitian. Tujuanpenelitian dapat dirinci menjadi sub bab tujuan umum dan sub bab tujuan khusus.Tujuan disebutkan secara spesifik yang ingin dicapai. Tujuan dirumuskan dalamkalimat pernyataan, tidak ada kata tanya. Tujuan umum merupakan tujuan globalyang akan dicapai penelitian, sedangkan tujuan khusus merupakan tujuan yangakan dijalani atau kegiatan yang akan dilakukan pada penelitian. Banyaknyatujuan khusus berkisar antara dua sampai dengan lima, identik dengan banyaknyasub masalah.
Manfaat Penlitian
Manfaat penelitian dapat berupa manfaat teoritis maupun manfaat praktis. Manfaatteoritis misalnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan manfaatpraktis misalnya untuk mengatasi masalah kehidupan sehari-hari bagi masyarakat,masukan bagi pengambil kebijakan.

Ruang LingkupRuang lingkup berguna untuk membatasi materi penelitian, memperjelasspesifikasi materi penelitian. Pada ruang lingkup cukup diungkapkan ruanglingkup materi.

Bab II Tinjauan Pustakaa

PengertianPengertian berisi pengertian-pengertian variabel/kata pokok penelitian teoritisyang diungkapkan oleh beberapa referensi, pakar yang diacu oleh peneliti sebagai landasan penelitian.

Hal-hal pokok yang berkaitan dengan masalah penelitianPada bagian ini diuraikan teori-teori, hasil penelitian yang relevan denganpermasalahan penelitian. Hasil studi kepustakaan disusun secara sistematismengungkapkan pendekatan teori yang dipergunakan memecahkan permasalahanpenelitian dan merumuskan hipotesis. Hasil studi dapat berupa uraian kualitatif,atau model matematis yang sesuai dengan konteks pengkajian permasalahankesehatan lingkungan dalam penelitian.

Faktor-faktor luar yang berhubungan dengan masalah penelitianPada anak sub bab ini diuraikan faktor lingkungan, iklim, kebijakan umumpemerintah, sosial budaya, yang tidak terkait langsung dengan pokok permasalahan penelitian, faktor tersebut dapat mengganggu, mempengaruhi ataumendukung permasalahan penelitian.

Kerangka Teori
Kerangka teori berisi rangkuman tinjauan pustaka, menjelaskan keterkaitan antarunsur konsep yang dikaji, disajikan dalam bentuk skematis, secara ringkasnantinya menjadi kerangka konsep / pikir atau struktur hubungan variabel, dapatmenggunakan pendekatan sistem, epidemiologi, flowchart, alur, modifikasi,mengadopsi konsep teori tertentu, dll.

Hipotesis
Hipotesis diperlukan untuk penelitian analisis inferensial (uji hipotesis) yangmenggunakan uji statistik. Penelitian analisis deskriptif yang tidak menggunakanuji statistik tidak perlu hipotesis. Hipotesis yang dicantumkan adalah hipotesis nol(hipotesis statistik).



Bab III Metode Penelitian

Variabel Penelitian atau Kerangka Pikir

Variabel penelitian, khusus penelitian analisis inferensial, penelitiam yamgmenguji hubungan/komparasi antar variabel.

Jenis variabel ; dirinci variabel bebas, variabel terikat, dan variabelpengganggu, yang disebutkan variabel-variabelnya.

Struktur hubungan variabel ; berisi gambar secara skematis hubungan antarvariabel dilengkapi variabelnya.

Definisi operasional ;
variabel dijelaskan dengan kalimat pernyataan, tidak boleh negatif, tidak boleh kalimat tanya, kata yang didefinisikan tidak diulang pada pendefinisian, dapat dilakukan pengukuran atau pengumpulandata, memiliki satuan, disebutkan cara mendapatkan data daninstrumentnya, satuan/katagori, dan skala data. Dapat disajikan dalambentuk tabel

Kerangka pikir, khusus penelitian analisis deskriptif yang tidak menyimpulkan(tidak menguji secara statistik) keterkaitan variabel, pada penelitian analisisinferensial tidak perlu ada.

Komponen penyusun ; sebutkan model pendekatan yang dipergunakan,misal pendekatan sistem, maka sebutkan komponen yang ada pada input,proses, out put ; pendekatan epidemiologi, maka sebutkan komponen yangterdapat dalam host, agent, lingkungan, dll.

Gambar kerangka pikir ; gambar secara skematis keterkaitan antarkomponen, dilengkapi isi komponen penyusun.

Definisi operasional ; berisi komponen penyusun dijelaskan dengankalimat pernyataan, tidak boleh negatif, tidak boleh kalimat tanya, katayang didefinisikan tidak diulang pada pendefinisian, dapat dilakukanpengukuran atau pengumpulan data, memiliki satuan, disebutkan caramendapatkan data dan instrumentnya, satuan/katagori, skala data. Dapatdisajikan dalam bentuk tabel.

Jenis Penelitian
Sebut jenis penelitian eksperiment atau observasional, analisis inferensial ataudeskriptif, pendekatan crossectional, retrospektif, longitudinal, cohort, designpenelitian, dapat dengan skema..

Waktu dan Lokasi

Waktu, dirinci range persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Alokasi waktusecara umum yang ditampilkan secara rinci diperjelas pada ghant chartdilampirkan.

Lokasi, sebutkan nama lembaga, jalan, nomor, rt , rw, desa/kelurahan,kecamatan, kabupaten (alamat lengkap).

Populasi dan Sampel atau Subyek 

Populasi dan sampel ; digunakan pada penelitian analisis inferensial, penelitianyang menyimpulkan untuk populasi. Pada populasi sebutkan populasinya danbanyaknya elemen populasi, sedangkan sampel ditulis dengan menyebutkancara mendapatkan dan banyaknya anggota sampel, nama dan prosedurmengambil sampel. Pada penelitian total populasi, maka sampel tidak perluditulis.

Subyek ; dipergunakan untuk khusus penelitian analisis deskriptif. Pada subyek disebutkan subyek yang diteliti, jumlah subyek yang diukur, cara menentukansubyek yang diukur. Subyek dapat berupa manusia, benda, kegiatan, rumah,dsb.


Pengumpulan Data

Jenis dataJenis data dapat dirinci dalam sub bab data umum dan data khusus, sub babdata primer dan sekunder atau langsung disebutkan secara rinci data yang akandikumpulkan.a).

Data umum ; sebutkan data kondisi umum lingkungan penelitian, misalnya: iklim (curah hujan, musim), batas wilayah geografis, topografi, demografi(jumlah penduduk, pendidikan, pekerjaan) ; lingkungan budaya, dll

Data khusus ; sebutkan data pokok penelitian, yang sesuai dengan variabelpenelitian atau kerangka konsep penelitian, misalnya kelembaban, suhu,BOD, pencahayaan, kebisingan, kepadatan lalat, nyamuk, jenis sampah,dll.

Sumber dataSumber data dapat dirinci dalam sub bab data umum dan data khusus, sub babdata primer dan sekunder atau langsung disebutkan secara rinci sumber datayang akan dikumpulkan.

Data primer, disebutkan asal data, misalnya hasil pengukuran terhadapobjek, hasil pemeriksaan lab, wawancara dengan responden, hasilpengamatan terhadap obyek, dll.

Data sekunder disebut asal data tersebut, misalnya kantor desa, puskesmas,kantor kecamatan, rumah sakit, perusahaan, industri, dinkes, dll.

Cara pengumpulan dataSebutkan teknik pengumpulan data ; angket, wawancara, observasi,pengukuran, diskusi, dll (teknik/prosedur dilampirkan). Petugas pengumpuldata perlu ditampilkan oleh peneliti sendiri atau dilakukan oleh orang lain,petugas, dsb.

Instrumen/alat pengumpul dataDisebutkan instrument pengumpul data yang akan digunakan pada penelitian.Bila berupa prosedur dengan alat yang banyak dilampirkan. Pengembanganinstrument perlu dikemukakan, misalnya uji validitas dan reliabilitas, kalibrasialat, standarisasi instrument, uji coba instrument, dll.

Pengolahan DataKegiatan pengolahan data disebutkan yang hanya dilakukan secara konkrit saja,tidak bersifat teoritis. Pengolahan data dapat meliputi :

Editing, Kegiatan editing yang dilakukan meliputi koreksi dan seleksi terhadapdata yang masuk, dijelaskan prosesnya.

Coding, pemberian kode terhadap data, kode diupayakan dalam bentuk numerik.

Pengelompokan/klasifikasi Data

Saving, penyimpanan data dapat berupa cd, flasdisk, harddisk, lembaran printout, manual.5).

Tabulating, disebutkan tabulasi datanya menggunakan manual, software SPSS,MS Excel.

Analisis DataAnalisis data dirinci dalam analisis univariat, bivariat dan multivariat. Analisisunivariat dikemukakan analisis deskriptif yang dilakukan, misal persentase,hitungan rumus, model penyajian datanya, mean, standar error, dsb. Analisisbivariat dan multivariat dikemukakan jenis uji statistic, hipoesis statistic (Ho) dansoft ware program komputer yang digunakan.


Bab IV Hasil
Hasil penelitian, disajikan data hasil penelitian dapat dalam bentuk kalimat, tabel,grafik, diagram, gambar foto atau bentuk lain, selain itu juga hasil-hasil perhitunganstatistik ; mode, median, mean, standar deviasi, atau hasil hitungan rumus tertentu,hasil uji statistik perlu dicantumkan. Pada prinsipnya bentuk sajian memberikankejelasan data yang diinginkan peneliti. Data yang disajikan hendaknya yang benar-benar mendukung penelitian sesuai dengan variabel penelitian atau kerangka pikirpenelitian. Penyajian data hendaknya efisien, tidak terjadi pengulangan penyajian yangtidak berarti, terdapat variasi bentuk sajian, tidak monoton.Hasil penelitian dirinci dalam sub judul, anak sub judul yang relevan denganpermasalahan penelitian.

Bab V Pembahasan
Pembahasan tentang data yang diperoleh hasil penelitian. Pembahasan dilakukandengan menarasikan data hasil penelitian, memberikan penjelasan teoritis, baik secarakualitatif, kuantitatif atau statistik. Hasil penelitian juga dibandingkan dengan teoriyang ada, referensi, baku mutu, standar umum, atau hasil penelitian sejenis. Faktorpenyebab perbedaan antara data hasil penelitian dengan pembanding dicari secarateoritis atau empirisis berdasarkan referensi. Perbedaan yang negatif perlu diberikansaran alternatif pemecahan permasalahan secara operasional. Anak sub judulpembahasan mengikuti anak sub judul hasil penelitian.

Bab VI Simpulan dan Saran

SimpulanSimpulan merupakan pernyataan singkat, jelas, padat, tepat.

Bagian Akhir

Daftar PustakaDaftar pustaka memuat pustaka yang diacu dalam menyusun karya tulis ilmiah.Pustaka dapat berupa buku-buku, majalah, koran, internet, makalah seminar, dll.Penulisan pustaka disusun ke bawah menurut alfabetis. Secara umum dicantumkannama pengarang, tahun buku, judul buku digaris bawah atau dimiringkan, kotapenerbit, penerbit.

LampiranLampiran berisi dokument yang mendukung penelitian, misalnya: kuesioner, cek list,prosedur percobaan, prosedur pengukuran, 

Demikian Download Karya Tulis Ilmiah semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi. Terimakasih





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Karya Tulis Ilmiah"

Post a Comment