.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Sumber Air Limbah

Sumber Air Limbah. Air limbah adalah air yang telah digunakan untuk keperluan industri, irigasi, keperluan rumah tangga dan keperluan lainnya sering dikembalikan lagi ke sumber asalnya. Dengan demikian air buangan ini bersifat kotoran umum.
Air limbah yang bersumber dari rumah tangga (Domestic Wastes Water), yaitu buangan yang berasal dari pemukiman penduduk. Pada umumnya air limbah ini  terdiri  dari excreta (tinja dan air seni), air bekas cucian dapur dan kamar mandi dan umumnya terdiri dari bahan-bahan organik
Air limbah yang mengandung exkreta, yakni tinja dan urine manusia jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan air bekas cucian dapur, kamar mandi dan bahan-bahan organik karena banyak mengandung kuman patogen.
Adapun efek samping dari limbah tersebut dapat berupa:
a.  Membahayakan kesehatan manusia karena dapat merupakan pembawaan suatu penyakit.
b. Merugikan segi ekonomi karena dapat menimbulkan kerusakan pada benda atau bangunan maupun tanaman dan pelemakan.
c. Dapat merusak atau membunuh kehidupan yang ada di dalam air, seperti ikan dan binatang peliharaan lainnya.
d.  Dapat merusak keindahan (estetika), kerena bau busuk dan pemandangan yang tidak sedap  dipandang terutama di daerah hilir sungai yang merupakan daerah rekreasi.

 Sumber Air Limbah
Air limbah berasal dari berbagai sumber, secara garis besar air limbah dapat dikelompokkan menjadi :
a.  Air limbah yang bersumber dari rumah tangga (Domestic Wastes Water), yaitu air limbah yang berasal dari pemukiman penduduk. Pada umumnya air limbah ini terdiri dari excreta (tinja dan air seni), air bekas cucian dapur dan kamar mandi, dan umumnya terdiri bahan-bahan organik.

b.  Air limbah industri (Industrial Wastes Water), yang berasal dari berbagai jenis industri akibat proses produksi. Zat-zat yang terkandung di dalamnya sangat bervariasi sesuai dengan bahan baku yang dipakai oleh masing-masing industri.

c. Air limbah kotapraja (Municipal Wastes Water), yaitu air buangaan yang berasal dari daerah: perkotaan, perdagangan, hotel, restoran, tempat-tempat umum, tempat-tempat ibadah dan sebagainya. Pada umumnya zat-zat yang terkandung dalam jenis air limbah ini sama dengan air limbah rumah tangga.

Demikian, materi tentang Sumber Air Limbah. Semoga Bermanfaat.

Referensi
            Fardiaz, Srikandi, Polusi Air dan Udara, Kanisius, Yogyakarta, 2006.

            Slamet. Juli Soemirat. Kesehatan Lingkungan. UGM. Bandung. 2007.

            Sugiharto, Dasar-Dasar Pengolahan Air Limbah. UI, Press, Jakarta. 1987.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sumber Air Limbah"

  1. artikelnya sangat bermanfaat, informasi yang disampaikan sangat jelas dan mudah di pahami. kebutulan kami pun membahas Pengolahan Air Limbah dan merukapan Konsultan Ipal . kunjungin web kami disini

    ReplyDelete