.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Klasifikasi dan Jenis Bakteri Escherichia coli

Klasifikasi dan Jenis Bakteri Escherichia coli. Bakteri ialah makhluk hidup yang sangat kecil yang hidup dan dapat membahayakan kesehatan, yang tidak bisa dilihat oleh mata tanpa bantuan alat mikroskop/ alat pembesar. Ukuran tiap bakteri kurang lebih 1 inci yang didalamnya mengandung kurang lebih 25.000 bakteri. 
Bakteri merupakan makhluk hidup yang terdapat dimana-mana (udara, di tanah, dalam tubuh). Bakteri Escherichia coli adalah salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif, berbentuk batang pendek (kokobasik) ditemukan oleh Theodor Escherich (tahun 1885).  Escherichia coli dapat bertahan hingga suhu 60°C selama 15 menit atau pada 55°C selama 60 menit. Hidup pada tinja dan menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, seperti diare, muntaber serta masalah pencernaan lainnya. 
Escherichia coli adalah kuman oportunis yang banyak ditemukan di dalam usus besar manusia sebagai flora normal. Sifatnya unik karena dapat menyebabkan infeksi primer pada usus misalnya diare pada anak, seperti juga kemampuannya menimbulkan infeksi pada jaringan tubuh lain diluar usus. 
1.   Klasifikasi Bakteri Escherichia coli
Filum     :    Proteobacteria
Kelas     :    Gamma Proteobacteria
Ordo      :    Enterobacteriales
Familia   :    Enterobacteriaceae
Genus    :    Escherichia
Spesies   :    Escherichia coli  


Gambar Bakteri Escherichia coli 
2.     Jenis - Jenis Bakteri Escherichia coli
a.        Escherichia coli enteropatogenik (EPEC)
Escherichia coli tipe enteropatogenik merupakan penyebab penting diare pada bayi, khususnya di negara berkembang, EPEC melekat pada sel mukosa usus kecil. Akibat dari infeksi EPEC adalah diare yang cair, yang biasanya susah diatasi namun tidak kronis. Waktu EPEC dapat diperpendek dan diare kronik dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik.

b.    Escherichia coli enteroinvasive (EIEC)
 Merupakan penyakit yang mirip dengan shigellosis. Penyakit yang terjadi umumnya pada anak di Negara berkembang dan dalam perjalanan ke Negara tersebut. EIEC menyebabkan penyakit dengan menyerang sel epithelial mucosa usus.

c.    Escherichia coli enterohemoragik (EHEC)
EHEC memproduksi verotoksin yang mempunyai sifat yang hampir sama dengan toksin shiga yang diproduksi oleh  strain shigella disenteriae tipe 1. EHEC banyak dihubungkan dengan hemorrhagic colitis, sebuah bentuk diare yang parah, dan dengan sindroma uremic hemolytic, sebuah penyakit akibat kegagalan ginjal akut.

d.    Escherichia coli Enteroagregative (EAEC)
Merupakan penyebab diare yang akut dan kronis (dalam jangka waktu >14 hari)  pada orang di negara berkembang. Organisme ini juga menyebabkan penyakit karena makanan di negara industri. Mereka digolongkan berdasarkan bentuk dan pelekat pada sel manusia. Akibatnya adalah kerusakan mukosa, pengeluaran sejumlah besar mukus, dan terjadi diare.

Demikian artikel tentang klasifikasi dan Jenis Bakteri Escherichia coli. Semoga bermanfaat. Terimakasih.


Sumber Referensi
Angi, Andrijanto Hauferson. 2009. Mengenal Bakteri Escherichia Coli. 
Brooks, Geo F, dkk. 2005. Mikrobiologi Kedokteran (edisi 1). Jakarta : Salemba Medika
Syahrurachman, Agus, dkk. 1994. Mikrobiologi Kedokteran (Edisi revisi). Jakarta :                    Binarupa Aksara





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Klasifikasi dan Jenis Bakteri Escherichia coli"