.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Sumber Air Bersih

  Sahabat, keberadaan air di bumi merupakan suatu proses alam yang berlanjut dan berputar  sehingga merupakan suatu siklus (daur) ulang yang dinamakan “ Cyclus Hydrologie “. Prinsip dasar siklus hidrologi adalah beberapa proses sirkulasi dari penguapan, presipitasi maupun pengaliran. Nah dalam postingan kali ini admin mencoba untuk menyampaikan sumber air yang biasa kita gunakan untuk sehati-hari. Pada dasarnya sumber air bersih dapat di golongkan menjadi air angkasa, air permukaan, dan air tanah 

     1.    Air Atmosfer
Air angkasa adalah air yang terjadi karena proses penguapan yang kemudian terkondensasi dan akhirnya jatuh sebagai air hujan, salju dan es. Dalam keadaan murni, sangat bersihakan tetapi air angkasa ini memiliki sifat yang agresif terutama terhadap pipa-pipa penyalur maupun bak-bak reservoir sehingga hal ini akan mempercepat terjadinya korosi atau karat. Akan tetapi air angkasa ini memiliki sifat lunak, sehingga akan boros terhadap pemakaian sabun.
2.    Air Permukaan
Air permukaan adalah  air hujan yang mengalir dipermukaan bumi, yang berada pada tempat atau wadah atas permukaan daratan yaitu sungai, rawa, bendungan danau. Air permukaan dapat terjadi melalui tiga cara yaitu aliran permukaan bumi, aliran air tanah, dan campuran dari keduanya. Air permukaan ada dua macam yakni : 
a.       Air Sungai
     Air sungai dalam penggunaannya sebagai air bersih haruslah mengalami suatu         pengolahan yang sempurna, mengingat bahwa air sungai ini pada umumnya mempunyai derajat pengotoran yang sangat tinggi.
b.      Air Rawa atau Danau
    Kebanyakan air rawa atau danau ini berwarna yang disebabkan oleh adanya zat-zat organik yang telah membusuk, misalnya asam humus yang larut dalam air yang menyebabkan warna kuning coklat. Sehingga dengan demikian pada umumnya kadar Besi (Fe) dan Mangan (Mn) akan tinggi pula. Sedangkan kandungan oksigen (O2) sangat kurang sekali. Ini mengakibatkan permukaan air akan ditumbuhi algae (lumut) karena ada sinar matahari.

3.    Air Tanah
Air tanah adalah air yang bergerak dalam tanah, terdapat di antara butir-butir tanah atau dalam retakan bebatuan. Air tanah lebih banyak tersedia daripada air hujan. Air tanah biasanya memiliki kandungan Besi (Fe) yang cukup tinggi.

     Semoga postingan tentang sumber air bersih dapat menambah referensi sahabat.

referensi
1. Sanropi Sutrisno Totok, dkk, 2006.Teknologi Penyedian Air Bersih. Jakarta : Rineka Cipta.

2. Sutrisno Totok, dkk.1991.Teknologi Penyedian Air Minum. Jakarta : Rineka Cipta.

3. Sutrisno Totok, dkk, 2006.Teknologi Penyedian Air Bersih. Jakarta : Rineka Cipta.



Sahabat menyukai artikel ini ? silahkan klik like dan share dibawah ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih




Sa


Sa


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sumber Air Bersih"

  1. MAIN DI POKER BETDANWIN SAJA YUK...
    POKER BETDANWIN SEDANG PROMO NIH UNTUK PARA MEMBER SETIANYA
    * PROMO BONUS 20 % DARI NILAI DEPOSIT ANDA
    * PROMO REFERRAL SAMPAI 50 % SEUMUR HIDUP DIBAGI SETIAP SENIN
    * MINIMAL DEPOSIT Rp. 10.000
    * MINIMAL WITHDRAW Rp. 20.000
    JADI TUNGGU APALAGI SEGERA DAFTARKAN ID ANDA HANYA DI POKER BETDANWIN DAN MENANGKAN
    CHIPS SEBANYAK BANYAKNYA.BET NOW AND WIN NOW.
    JANGAN LUPA KUNJUNGI JUGA WEBSITE KAMI DI WWW.BETDANWIN.COM ATAU HUBUNGI LIVECHAT KAMI
    YANG RAMAH DAN SIAP MEMBANTU ANDA 24 JAM SETIAP HARI.

    ReplyDelete