.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Nyamuk Aedes aegyti

    Nyamuk Aedes Aegypti
1.         Morfologi Nyamuk Aedes aegypti.
Kedudukan taksonomi Aedes aegypti. dalam tatanama atau sistematika (taksonomi) hewan adalah sebagai berikut :
Kerajaan               : Animalia
Filum                    : Arthropoda
Kelas                    : Insecta
Ordo                     : Diptera
Familia                 : Culicidae
Subfamilia            : Culicinae
Genus                   : Aedes (Stegomyia)
Spesies                 : Aedes aegypti.
Nyamuk Aedes aegypti. menggigit manusia pada pagi sampai sore hari, biasanya pukul 08.00-10.00 dan 15.00-17.00. Nyamuk ini hidup ditempat yang dingin dan terlindung dari matahari. Nyamuk betina bertelur didalam air yang tergenang didalam dan disekitar rumah. Telur-telur ini akan menjadi larva dan kemudian berubah menjadi bentuk dewasa .Gambar nyamuk Aedes aegypti. dapat dilihat pada Gambar berikut



Gambar  Nyamuk Aedes aegypti.

Nyamuk Aedes aegypti betina menghisap darah manusia setiap 2 hari. Protein dari darah tersebut diperlukan untuk pematangan telur yang dikandungnya. Setelah menghisap darah, nyamuk ini akan mencari tempat hinggap (beristirahat). Tempat hinggap yang disenangi ialah benda-benda yang tergantung, seperti : pakaian, kelambu atau tumbuh-tumbuhan di dekat berkembang biaknya. Biasanya di tempat yang agak gelap dan lembab. Setelah masa istirahat selesai, nyamuk itu akan meletakkan telurnya pada dinding bak mandi/WC, tempayan, drum, kaleng, ban bekas, dan lain-lain. Biasanya sedikit di atas permukaan air. Selanjutnya nyamuk akan mencari mangsanya (menghisap darah) lagi dan seterusnya.
2.       Ciri Morfologi
a.    Nyamuk Aedes aegypti berwarna hitam dengan belang-belang (loreng) putih pada seluruh tubuhnya.
b.    Berkembang biak di air jernih yang tidak beralaskan tanah seperti bak mandi, WC, tempayan, drum dan tempat-tempat yang dapat menampung air lainnya.
c.    Mampu terbang sampai 100 meter.
d.   Nyamuk betina bersifat ‘multiple biters’ (menggigit beberapa orang karena sebelum nyamuk tersebut kenyang sudah berpindah tempat) nyamuk betina mengigit atau menghisap darah pada pagi hari sampai sore hari. Nyamuk jantan biasa menghisap sari bunga/tumbuhan yang mengandung gula.
e.    Umur nyamuk Aedes aegypti rata-rata 2 minggu, tetapi sebagian diantaranya dapat hidup 2-3 bulan.

f.     Tahan dalam suhu panas dan kelembaban tinggi 

Demikian  postingan tentang nyamuk Aedes aegypti semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Nyamuk Aedes aegyti"