.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Hubungan Air Dengan Kesehatan Manusia

Hubungan Air Dengan Kesehatan Manusia. Air dan kesehatan merupakan dua hal yang saling berhubungan. Kualitas air yang dikonsumsi masyarakat dapat menentukan derajat kesehatan masyarakat tersebut. Selain bermanfaat bagi manusia, air juga merupakan media sarang dan penularan penyakit penyakit bagi manusia. Bibit penyakit menular yang berkembang  melalui perantara air antara lain kolera, disentri, dan typhus.

Baca juga : Sumber Air Bersih

Beberapa hal yang menunjukkan adanya hubungan air dengan kesehatan adalah sebagai berikut

a.    Adanya  organisme patogen di dalam air
Organisme patogen dalam air dapat menyebabkan penyakit  dan gangguan kesehatan manusia, antara lain :
1)    Bakteri
a)    Vibrio  cholerae
-          Menyebabkan  penyakit kolera
-          Penularannya melalui  media air, makanan dan vektor lalat.
b)    Salmonella typhi :
-          Menyebabkan penyakit demam typhoid.
-          Penularannya melalui media air, makanan.
c)    Shigella dysentriae
-          Menyebabkan penyakit disentri basiler (Bacillary dysentry).
-          Penularannya melalui media air dengan cara focal oral. Dapat melalui kontak dengan susu, makanan dengan peranan lalat.
d)    Salmonella paratyphi :
-          Menyebabkan penyakit demam para typhoid.
-          Penularannya melalui  media air, dengan focal oral.
2)    Protozoa :
-          Penyebabnya Entomoeba histolytica.
-          Menyebabkan penyakit disentri Amuba (Amebic Dysentry).
-          Penularannya melalui  media air, dapat juga melalui makanan dengan peranan lalat.
3)    Virus :
-          Menyebabkan penyakit hepatitis infektiosa (Infectius hepatitis).
-          Penularanya melalui  media air, susu, makanan (termasuk kerang dan kepiting).
b.    Adanya  Organisme non patogen
Beberapa organisme non patogen(non phatogenic organisme) yang hidup dalam air akan menimbulkan beberapa gangguan dan kerugian bagi kehidupan manusia, antara lain :
1)    Actinomycetes
Organisme ini terdapat di dalam air yang kotor, dan dalam sistem distribusi air. Keberadaan Actinomycetes dapat menyebabkan timbulnya rasa dan bau yang tidak diharapkan pada air.
2)    Algae
Algae terdapat didalam genangan air kotor. Organisme ini menyebabkan timbulnya rasa dan bau yang tidak diharapkan dalam air.
3)    Coliform bakteri (Bakteri Coli)
Bakteri Coli terutama terdapat dalam air permukaan, dan air yang telah tercemar oleh kotoran manusia. Keberadaan Coliform bakteri dalam sistem penyediaan air  digunakan sebagai petunjuk/indikator untuk mengetahui bahwa air telah tercemar oleh tinja manusia atau kotoran hewan.
4)    Fecal Streptococci
Bakteri ini biasanya terdapat dalam air yang telah tercemar oleh kotoran manusia, dan kotoran hewan. Keberadaan Fecal Streptococci digunakan sebagai  indikator pencemaran air oleh kotoran hewan/manusia.

5)    Iron bacteria
Oragnisme ini terdapat didalam air tanah dan air permukaan yang mengandung besi. Menimbulkan warna yang berlendir (kecoklatan), menyebabkan karat pada pipa saringan di dalam sumur.
6)    Free living Worm(cacing yang hidup bebas)
Kira-kira ada 7 species dari cacing Nematode ini ditemukan di dalam air yang telah diolah. Akibat yang ditimbulkan oleh cacing ini, adalah adanya baud an pandangan yang menjijikkan, sehingga air tesebut air tersebut ditolak konsumen.
c.    Air sebagai Breeding Place Vektor.
Air dapat berperan sebagai tempat perindukan Vektor (nyamuk). Beberapa jenis serangga terutama nyamuk dapat memindahkan kuman penyakit dari seorang penderita kepada orang lain. Serangga yang dapat menularkan kuman penyakit tersebut disebut vektor. Contohnya : Nyamuk Aedes aegypti.
d.    Air Sebagai Tempat Berkembang Biak Bibit Penyakit
Selain bermanfaat, air juga merupakan sumber berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Air kotor dan tercemar merupakan tempat
berkembang biak berbagai macam bibit penyakit. Bibit penyakit yang berkembang biak di dalam air dapat berupa bakteri, protozoa, virus.
a)    Bakteri
Beberapa jenis bakteri yang hidup dan berkembang biak di air sebagai berikut.
·         Colera : penyebab penyakit kolera.
·         Salmonella typhi : penyebab penyakit typoid
·         Sighella dysentriae ; penyebab penyakit disentri basiler (bacillery dysentry)  
·         Salmonella paratyphi : penyebab penyakit demam paratypoid.
·         Leptospira  : penyebab penyakit leptospirosis.
b)    Protozoa
Salah satu jenis protozoa yang berkembang biak di dalam air adalah Entomoeba histolica yang dapat menularkan penyakit disentri amuba (amebic dysentry).
c)    Virus
Virus yang berkembang biak pada air kotor merupakan penyebab penyakit hepatitis infektiosa.
e.    Air sebagai Media Penularan Penyakit. 
Beberapa penyakit dapat ditularkan dengan melalui air, dalam hal ini air berfungsi sebagai media penularan penyakit maka untuk mengurangi timbulnya penyakit / menurunkan angka kematian tersebut salah satu usahanya adalah pengunaan air minum yang memenuhi persyaran kualitas dan kuantitas.
Proses penularan penyakit melalui air melalui dua cara, yaitu langsung diminum dan digunakan untuk pengolahan makanan. Pada kasus yang kedua, beberapa jenis bibit penyakit tidak mati walaupun telah dimasak.

f.   Kandungan Bahan Kimia
Air mempunyai sipat melarutkan bahan kimia. Abel Wolman menyatakan bahwa air rumusnya : H2O + X, dimana X merupakan zat –zat yang dihasilkan air buangan oleh aktivitas manusia, maka faktor X tersebut dalam air akan bertambah dan merupakan masalah.

g.  Kegunaan Air bagi Tubuh Manusia
Air mempunyai berbagai fungsi dalam tubuh manusia antara lain
  1. ·         Sebagai sarana pengangkut dari hasil proses pencernaan makanan yaitu dalam bentuk gula tunggal (dextrose/glukosa), asam amino, zat mineral dan vitamin yang dialirkan ke jaringan-jarinagan(sel-sel) untuk kemudian disimpan didalamnya.
  2. ·         Sebagai alat pengangkut dari sisa-sisa proses pencernaan dari dalam sel ke terminal penampungan sisa-sisa proses pencernaan  seperti ginjal, paru-paru, dan hati, dan keluar sebagai urine/air kencing.
  3. ·         Sebagai sarana pelarut dan pengangkut hormon-hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar dan enzim-enzim dalam tubuh
  4. ·         Sarana pengangkut kelebihan panas dari bagian badan yang bekerja keras, kepermukaan kulit dan keluar sebagai air keringat.

Demikian ulasan tentang Hubungan Air Dengan Kesehatan Manusia. Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Air Dengan Kesehatan Manusia"

Post a Comment