.quickedit{display:none;}
Selamat Datang di www.informasikesling.blogspot.com - Blog Berbagi Informasi Seputar Kesahatan Lingkungan- Semoga Bermanfaat

Waspadai Vektor Penyakit Saat Musim Hujan


Waspadai Penyakit Saat Musim Hujan. Dalam riset khusus vektor oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), nyamuk dan tikus disebut sebagai binatang yang perlu diwaspadai terutama ketika memasuki musim hujan.

Riset pemetaan yang dilakukan oleh Balitbangkes 2015 menunjukkan nyamuk dan tikus adalah dua hewan yang paling banyak membawa penyakit untuk manusia. Pada nyamuk contohnya diketahui ada penyakit demam berdarah, malaria, chikungunya, dan filariasis yang bisa ditularkan sementara pada tikus ada penyakit japanese encephalitis dan leptospirosis.

Baca juga Klasifikasi dan Daur Hidup Nyamuk Culex sp

Menteri Kesehatan RI Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mengatakan ketika musim hujan tiba binatang-binatang tersebut akan lebih sering muncul dan kontak dengan manusia sehingga diimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah agar tanggap dalam langkah pencegahan. Sudah ada pergerakan dari para tikus. Dia jelas akan membawa penyakit. Kita dari kementerian kesehatan tentu akan kesulitan kalau sudah terjadi wabah maka dari itu bagaimana kita mencegah di hulunya. Kalau sudah banjir tikus kan akan lari juga keluar enggak mau basah sama seperti manusia. Banjir akan datang dan binatang mulai dari tikus sampai bahkan ular bisa keluar meningkatkan kemungkinan kita kena penyakit.
Satu hal yang disorot Menteri Kesehatan RI terkait bahaya saat musim hujan ini adalah kebiasaan anak-anak bermain di genangan air. Di tempat itulah penyakit seperti leptospirosis dari tikus rentan menyerang sehingga orang tua perlu tegas melarang anaknya bermain di genangan air.

Baca juga Siklus Hidup Nyamuk Aedes aegypti


Demikian ulasan tentang Waspadai Vektor Penyakit Saat Musim Hujan. Terimakasih



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Vektor Penyakit Saat Musim Hujan"

Post a Comment